Tempat belajar blogspot

Apa itu HTML


Pengertian HTML dan sejarah HTML

HTML bagi saya sendiri adalah ilmu yang paling mendasar untuk membuat sebuah halaman web entah kita ingin membuat dari lembar kosong atau mungkin menggunakan platform blogger. Mengapa saya bisa mengatakan HTML adalah hal yang paling mendasar dari proses pembuatan sebuah halaman web? Untuk menjawab pertanyaan ini kita bisa mencoba untuk melakukan inspect pada sebuah halaman web untuk melihat kerangka halaman web tersebut, setelah itu coba lihatlah kerangka web tersebut semua terbentuk menggunakan HTML mulai dari paling atas sampai paling bawah dan di antara urutan HTML akan terdapat kode - kode lain seperti CSS dan Javascript untuk tampilan halaman web tersebut.

Pengertian HTML menurut sumber lain (Wikipedia)
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Sejarah HTML

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.

Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut "Tanda HTML", pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.

HTML adalah bahasa markah yang digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik dasar untuk setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer CSS. Banyak elemen teks ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun 1988 TR 9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi: perintah-perintah format ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah juga; HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.
sumber: Wikipedia

Sejarah versi HTML

HTML 2.0 - 22 September 1995
HTML 3.2 - 14 Januari 1996
HTML 4.0 - 18 Desember 1997
HTML 4.01 - 24 Desember 1999
HTML 5 - 28 Oktober 2014
sumber: Wikipedia

Contoh sederhana halaman HTML

Perbandingan Antara HTML Mode Dengan WYSIWYG Mode

Bisa dilihat pada gambar diatas terlihat contoh halaman HTML, apa yang kita tulis dalam format HTML memank tidak seperti hasil yang ditampilkan. Mungkin timbul pertanyaan apakah dalam membuat website atau blog harus memahami HTML terlebih dahulu? Menurut saya pribadi tidak harus memahami terlebih dahulu, karena saat ini banyak website yang sanggup menyediakan penulisan secara WYSIWYG (What You See Is What You Get).

Berikut contoh susunan kode HTML dan kita juga bisa mencoba untuk mengeditnya langsung melalui situs "JSFiddle". Silahkan anda coba sendiri untk mempermudah pemahaman mengenai HTML.


Apabila membuat halaman web saat ini lebih mudah, perlukah mempelajari HTML?

Melihat penulisan HTML yang terkesan rumit pasti akan muncul dipikiran kita untuk mencari cara termudah dalam membuat website, ya seperti pertanyaan diatas kalimat ini. Menurut saya HTML sangat perlu kita pelajari, berikut beberapa alasan dari saya :
  • Guna memahami HTML kita bisa membuat struktur penulisan isi dari sebuah halaman web lebih tertata rapi (Apabila dilihat dari kacamata HTML) karena dengan penulisan WYSIWYG terkadang meninggalkan beberapa tag - tag HTML atau CSS yang sebetulnya tidak digunakan akibat penghapusan tulisan - tulisan yang mengandung style CSS.
  • Mempermudah kita mendapatkan inspirasi atau ilmu baru mengenai penulisan HTML beserta style CSS dari website lain, dalam kasus ini bukan berarti kita mencontoh atau duplikat bentuk website milik orang lain tetapi kita bisa melihat cara penulisan HTML atau property dan value dari deklarasi sebuah selektor CSS.
  • Alasan yang terakhir ini adalah dengan pemahaman HTML dasar sudah dipastikan kita dapat menghasilkan sebuah halaman website atau blog yang benar - benar beda dari halaman website atau blog yang dihasilkan dari tema standart.
Sampai disini dulu informasi seputar pengertian HTML, semoga artikel ini juga dapat menambah rasa penasaran kita untuk menambah pengetahuan di bidang pembuatan website.
Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Amateur Blog Design

10 comments:

  1. walaupun sekarang banyak ada generator seperti menggunakan adobe dreamweaver namun hal basic yang ada di html harus tetap di pelajari, sekarang banyak yang main instan saja tanpa punya pondasi yang kuat di html, bahkan sekarang ada rumor dengan html saja kita bisa membuat website yang dinamis (tanpa php dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul gan setidaknya memahami sedikit dasar - dasar HTML itu sangat disarankan bagi kita yang ingin bermain di dunia blogging..

      Delete
  2. Pelajaran ane ini mah. Program web :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. iya gan pelajaran dasar yang dibutuhkan untuk memulai pembuatan blog atau website juga gan..

      Delete
  3. wah.. lengkap banget,bisa untuk menambah wawasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan dah berkunjung dan membaca artikel ini..

      Delete
  4. Wah sip nih, saya jadi tertarik pengen belajar HTML :D
    makasih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan saya dukung nih klo ingin memahami HTML, karena rekomendasi banget buat kita sebagai blogger..

      Delete
  5. wah lumayan juga nih untuk menambah wawasan

    ReplyDelete
  6. Waduh template blognya buatan sendiri ya? tingkatin lg gan sambil belajar CSS :D

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Apa itu CSS Syntax dan Selector

CSS ( Cascading Style Sheet ) sudah dijelaskan mengenai pengertian CSS pada artikel sebelumnya Apa itu CSS , namun pada artikel yang sekara...

Popular Posts