Tempat belajar blogspot

Apa itu Template Blogger Grid ?


Pengertian Template Blogger Grid

Bagi pengguna platform Blogger, template adalah satu hal yang sangat penting juga selain daripada proses optimalisasi atau biasa disebut dengan SEO. Penggunaan template umumnya disesuaikan juga dengan niche konten yang terdapat didalam halaman blog tersebut. Sebagai contoh saja halaman blog yang digunakan untuk keperluan online shop biasanya akan berbeda dengan halaman yang digunakan untuk berbagi informasi atau artikel.
Perbedaan jenis template yang seperti gimana?

Coba perhatikan mayoritas halaman yang digunakan untuk toko online, penyedia software, film streaming, penyedia aplikasi android, dan sejenisnya. Apa yang langsung terlihat dari pandangan mata kita? Bentuk template yang menampilkan konten - konten halaman tersebut seperti sudah terbagi menjadi kotak - kotak bukan?

Jenis template Blogger seperti itu yang akan dijelaskan di artikel kali ini.
Template Blogger dengan jenis grid secara garis besar biasanya tidak menyematkan kalimat pembuka atau deskripsi pada halaman beranda, dalam bentuk grid yang pasti akan dimunculkan yaitu thumbnail konten dan sebuah judul konten.

Apakah template yang memiliki kata kunci grid harus menggunakan bentuk kotak - kotak?
Kalau ini sudah pasti jawabannya "IYA", apalagi kalau kita ingin membuat template sendiri untuk dijual dengan menyematkan kata "grid".
Jangan lupa kalau nama atau sebutan selalu berkaitan dengan isinya atau penjelasnnya.

Jangan sampai nulis nama template atau menjelaskan deskripsi template yang di highlight "Grid" tapi hasilnya saat digunakan malah seperti style "Static".
Baca juga : Penjelasan Tentang Template Blogger Static

Contoh layout template blogger grid

Contoh Layout Template Blogger Jenis Grid

Gambar diatas adalah contoh tampilan layout template grid untuk platform Blogger, ciri khas dari jenis grid yaitu dengan bentuk kotak atau persegi panjang dan minim penggunaan kalimat pembuka. Terkadang ada juga template yang mengusung tampilan grid ini tidak menampilkan kalimat pembuka setiap konten pada halaman index, sehingga hanya terlihat tampilan thumbnail konten dan judul konten saja.

Jadi kurang lebih sudah bisa terbayangkan bukan tampilan template grid itu seperti apa?
Mengenai cocok apa tidaknya dengan niche blog itu kembali ke masing - masing pemilik blog, sedangkan kalau BISA atau TIDAKNYA maka jawabannya sudah pasti BISA digunakan untuk segala niche.

Jangan salah pemahaman ya, niche blog TIDAK mempengaruhi bisa atau tidaknya penggunaan template melainkan mengarah kepada cocok atau tidaknya.

Kelebihan dan kekurangan dari template blogger jenis grid

Berikut saya akan memberikan beberapa pendapat mengenai template jenis grid, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa informasi kelebihan dan kekurangan ini berdasarkan pengamatan saya secara pribadi.

Kelebihan
  • Tampilan index konten lebih rapi karena sudah tertata dengan posisi kotak - kotak.
  • Template grid membantu pengunjung untuk lebih fokus terhadap konten bergambar dan judul konten.
  • Memudahkan pengunjung memilih konten atau produk yang ingin mereka cari, tanpa harus di pusingkan dengan kalimat - kalimat deskripsi pada halaman index konten.
  • Ruang kosong halaman dengan template jenis grid akan lebih banyak yang nantinya bisa digunakan untuk posisi penempatan widget atau gambar produk lainnya.

Kekurangan
  • Sangat disarankan menggunakan foto atau gambar konten yang menarik, jadi sedikit banyak harus bisa bermain dengan software desain gambar.
  • Khusus penggunan toko online sangat penting memahami proses pengambilan gambar, hal ini berkaitan juga dengan poin pertama. Jangan lupa pada template jenis grid kesempatan kita untuk menyampaikan informasi di halaman index adalah dari gambar dan judul.
  • Pemilihan ukuran gambar untuk thumbnail sangat disarankan disesuaikan dengan ukuran div thumbnail dari template grid tersebut, agar posisi penampakan gambar lebih optimal. Jadi saat memilih ukuran gambar tidak bisa sembarangan langsung pasang, karena saat perbandingan ukuran panjang lebar gambar terlalu jauh dengan div thumbnail akan mengakibatkan sebagian besar gambar terpotong atau mungkin menjadi tidak proposional.
  • Penggunaan kata - kata untuk judul tidak disarankan terlalu panjang, pastinya tidak cocok untuk judul yang sangat panjang dan mengandung unsur "click bait".

Sampai disini dulu informasi mengenai jenis template blogger yang menggunakan bentuk grid, semoga kedepannya dengan memahami bentuk template akan mempermudah kita untuk memilih tampilan template yang cocok dengan niche konten blog.
Terima kasih.

Artikel ini ditulis oleh :
Perbloggeran

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Apa itu CSS Syntax dan Selector

CSS ( Cascading Style Sheet ) sudah dijelaskan mengenai pengertian CSS pada artikel sebelumnya Apa itu CSS , namun pada artikel yang sekara...