Tempat belajar blogspot

Apa itu Template Blogger Static ?


Apa itu Template Blogger Static

Template blogger dengan jenis static atau statis memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan bentuk template jenis grid, template untuk platform Blogger yang menggunakan jenis static sudah pasti memiliki tempat untuk menampilkan kalimat pembuka sebuah konten. Tidak seperti template grid yang lebih fokus kepada thumbnail atau gambar konten dan judul konten, justru kalau untuk jenis statis ini kalimat pembuka akan dimunculkan jadi bagi kita pemain blog yang menggunakan template jenis static harus pandai membuat kalimat pembuka yang enak dibaca (TIDAK REKOMENDASI KALIMAT PEMBUKA MENGANDUNG CLICK BAIT).

Kenapa masih tidak rekomendasi untuk judul yang mengandung "Click Bait"?
Ya karena saya juga merasa sebagai Blogger jadi saya menyerankan kalau ingin berbagi informasi, maka berbagi lah dengan kata - kata yang sewajarnya dan sejujurnya.

Baca juga : Template Blogger Grid
Mungkin kalau ada beberapa dari kita belum mengetahui tentang template grid bisa juga baca pengertiannya dari link diatas.

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, yaitu tulisan ini dibuat hanya untuk memberikan penjelasan mengenai jenis tampilan template khususnya untuk platform Blogger. Kenapa saya sampai menulis kalimat seperti ini?
Ya karena yang saya lihat dan tahu mayoritas pemilik blogspot terkadang bisa gagal fokus kalau sudah membaca kata "Template", jadi lebih baik saya perjelas lagi agar tidak sampai ada yang salah paham atau menganggap konten ini mengandung unsur "Click Bait".

Lantas contoh penggunaan template static itu untuk jenis situs seperti apa?
Kalau dilihat dari ciri - ciri tampilan template statis yang menampilkan kalimat pembuka atau deskripsi konten, maka jenis situs yang cocok adalah situs bergerak di bidang informasi. Seperti apa contohnya?
Warta berita, kumpulan artikel, kumpulan tutorial, dan blog berisi cerita kehidupan. Singkatnya template dengan tampilan static sangat cocok digunakan untuk halaman yang lebih fokus pada penulisan kalimat untuk menyampaikan informasi utama, namun bukan berarti template jenis statis ini tidak memerlukan gambar sebagai pelengkap informasi.

Contoh layout template blogger static

Layout Template Blogger Static

Gambar diatas termasuk contoh layout dari template Blogger yang menggunakan gaya "Static", sangat terlihat jelas ada sebagian ruang yang digunakan untuk penempatan kalimat pembuka atau deskripsi dari setiap konten. Template seperti ini tidak harus memiliki 1 buah kolom widget samping (seperti contoh layout diatas), namun jikalau memugkinkan menambahkan 1 buah kolom widget lagi itu bukanlah sebuah masalah.

Mungkin dari contoh gambar layout diatas kurang lebih bisa diperkirakan ya, template dengan gaya tampilan seperti ini lenbih cocok digunakan untuk niche blog yang seperti gimana. Saya tetap ingatkan lagi sama seperti pada tulisan saya tentang "Template Blogger Grid, bahwa tampilan atau gaya template TIDAK mempengaruhi BISA atau TIDAKNYA penggunaan template itu untuk setiap jenis niche tapi lebih mengarah pada pantas atau tidaknya.

Kelebihan dan kekurangan dari template blogger jenis static

Sama seperti template pada umumnya, template dengan style static ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada pembahasan poin ini perlu diketahui bahwa kelebihan dan kekurangan yang akan disebutkan adalah berdasarkan pengamatan serta penilaian saya secara pribadi.

Kelebihan
  • Tampilan template sangat cocok untuk blog yang memiliki banyak konten tertulis.
  • Memungkinkan digunakan untuk menampilkan deskripsi atau penggalan kalimat pembuka disetiap konten.
  • Rekomendasi untuk penggunaan pada niche artikel yang meliputi berita kesehatan, berita teknologi, berita olahraga, berita sains, dan sejenisnya.
  • Bisa menggunakan judul konten yang panjang, namun tetap TIDAK disarankan yang mengandung unsur "click bait".

Kekurangan
  • Kurangnya ruang kosong yang bisa digunakan untuk widget, karena ruang untuk konten pada halaman index memerlukan tempat yang bisa dikatakan lebih lebar untuk menampilkan kalimat atau deskripsi konten.
  • Wajib memiliki kemampuan dalam pengolahan kata, khusunya untuk kalimat pembuka disetiap konten. Kenapa dengan kalimat pembuka?
    Ya karena pada tampilan template static umumnya akan memperlihatkan beberapa potong kalimat awal dari sebuah konten. Tidak menutup kemungkinan kurangnya kemampuan dalam hal pengolahan kata akan memperburuk penilaian calon pembaca.
  • Kebalikannya dari beberapa niche diatas yaitu template seperti ini kurang cocok digunakan untuk blog yang ditujukan untuk diplay, entah itu dipslay produk jualan, display software, display karya seni dan sejenisnya. Kenapa bisa beitu?
    Beberapa niche yang saya sebutkan barusan tidak memerlukan tatanan kata - kata yang sangat panjang, walaupun dipaksakan dengan penggunaan kalimat pembuka yang panjang bisa tapi saya rasa akan terlihat kurag cocok.
  • Tampilan template untuk halaman index mungkin sedikit terlihat kurang begitu rapi khususnya di bagian ruang tempat munculnya potongan kalimat pembuka atau deskripsi konten.

Jadi mulai sekarang sebelum memilih template untuk halaman blog kita, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu karakteristik template itu. Sama halnya dengan template grid yang sudah saya tulis juga, bahwa setiap template memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi dari faktor - faktor tersebut masih ada hal bisa terlihat lebih cocok dan pantas apabila digunakan, tentunya cocok atau tidaknya juga tergantung dari niche blog kita sendiri.
Terima kasih.

Artikel ini ditulis oleh :
Perbloggeran

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Apa itu CSS Syntax dan Selector

CSS ( Cascading Style Sheet ) sudah dijelaskan mengenai pengertian CSS pada artikel sebelumnya Apa itu CSS , namun pada artikel yang sekara...